Saturday, November 03, 2007

Tips Singkat agar Komputer Anda Terjaga dari Virus

Akhir-akhir ini saya sering sekali bertemu dengan permasalahan virus yang sama yang seringkali terjadi berulang-ulang kali. Ya fenomena virus dimana sang virus menyembunyikan file asli kita (hidden) kemudian virus tersebut menyalin dirinya dengan nama file asli kita tersebut serta memiliki icon / lambang yang sama dengan file yang disembunyikannya tadi. Sehingga user yang tertipu akan tanpa ragu-ragu membuka file tersebut yang dikiranya file yang dituju padahal itu adalah virus.

Ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk mengetahui apakah komputer kita sudah terinfeksi oleh virus-virus tersebut (seperti Brontox, dll) :

  • Untuk mengetahui apakah di memori / system sudah tertanam virus khususnya brontox, pilih Start > Run kemudian ketik msconfig pada kotak dialog run. Anda akan dibawa pada kotak dialog msconfig, pilihlah tab startup, pada tab startup anda akan melihat program-program yang akan dieksekusi / dijalankan pada saat sistem baru dihidupkan (startup). Dari list program tersebut lihatlah apakah ada program-program aneh tak dikenal seperti 4k51k4, dan empty, dll. Dua file tersebut adalah file yang biasanya muncul jika komputer anda sudah terinfeksi oleh Brontox.

  • Jika komputer anda memang terinfeksi segeralah download antivirus untuk membersihkannya. Anda bisa mendapatkan beberapa antivirus gratis disini http://edp.palcomtech.com/?page_id=67.

Berikut adalah beberapa tips agar komputer anda terjaga dari virus :

  • Jangan buka file-file attachment dari email yang tidak anda percaya / tidak anda kenal. Kemungkinan besar attachment tersebut berisi virus atau trojan.

  • JIka anda menemukan file-file aneh yang tidak anda kenal di komputer anda khususnya file-file yang tidak pernah anda masukkan dengan sengaja ke komputer, jika anda yakin itu bukan file system hapus file tersebut atau jika anda tidak yakin, jangan pernah buka file tersebut, kemudian scanlah komputer anda. "Hanya buka / jalankan file yang memang benar-benar dari sumber yang terpercaya"

  • Selalu lihat ekstensi dari file, misalnya *.doc, *.xls, *.exe, *.mp3, dll. Jangan hanya melihat dari icon / lambangnya saja, karena virus-virus lokal baru yang beredar sekarang menyembunyikan file asli kita kemudian mengkopi dirinya dengan nama dan lambang seperti file kita yang disembunyikannya. Jadi, bisa saja file word yang anda ingin buka ternyata adalah virus. Untuk mengatasi hal ini lakukan langkah berikut :
  • Bukalah Windows Explorer
  1. pilih menu Tools > Folder Options
  2. pilih menu view
  3. aktifkan radio button show hidden files and folder (perintah ini akan menampilkan seluruh file-file dan folder yang tersembunyi, file anda biasanya disembunyikan)
  4. matikan centang pada pilihan Hide extension for known file types
  5. matikan centang pada pilihan Hide protected operating system files (virus brontox dan sejenisnya biasanya menyembunyikan file kita sebagai file system sehingga sulit ditemukan, opsi ini akan membuat file kita tampil kembali, tetapi file-file system critical juga ditampilkan, jangan pernah hapus file tersebut kecuali jika anda tahu apa yang anda lakukan)
  • Setelah anda jalankan langkah-langkah diatas, anda akan dapat melihat ekstensi tiap file seperti *.doc, *.xls, *.mp3, dll. Jika file anda benar-benar file asli maka anda akan melihat ekstensi yang benar dari file tersebut, misalnya jika anda mempunyai sebuah file ms. word dengan nama surat perjanjian maka pada windows explorer anda akan melihat file dengan nama surat perjanjian.doc, tetapi jika virus biasanya akan tampil seperti ini surat pernjanjian.doc.exe. Tidak ada file word berakhiran exe, biasanya virus itu bertipe aplication dengan ekstensi exe. Jikalau folder anda juga berakhiran .exe maka itu adalah virus, contoh : Data Administrator.exe.

  • Anda juga dapat melisting file-file anda dengan tipe details (dari windows explorer pilih menu view > details. Sehingga tipe file anda akan tampil, bukalah file yang sesuai antara icon, ekstensi, dan tipenya, misal file surat perjanjian.doc bertipe Microsoft Word Document, kalau folder biasanya bertipe File Folder, tetapi kalau virus biasanya bertipe application.
  • 2 comments:

    rd Limosin said...

    hoho, bahas brontok yah

    Rijalul Fikri said...

    hehehe, ga juga ah, cuma akhir-akhir ini sering aja ketemu kasus-kasus kayak itu yang sering banget terjadi berulang-ulang, jadi pingin sharing aja gimana aq mengidentifikasinya.